Pengobatan Sederhana Atasi Ketombe

Sebagian besar orang memiliki masalah ketombe dengan berbagai tingkat keparahan yang kerap menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala. Dikutip dari lifestyle.okezone.com, berikut beberapa pengobatan sederhana untuk mengatasi masalah ketombe.
  • Sinar matahari
Sedikit paparan matahari baik untuk ketombe. Sinar ultraviolet langsung memiliki efek antiinflamasi pada kondisi kulit kepala bersisik, yang mungkin menjelaskan mengapa ketombe cenderung berkurang pada musim panas.

Tapi, tidak berarti sembarangan sinar matahari. Batasi paparan 30 menit atau kurang setiap hari dan aplikasikan tabir surya rutin pada kulit yang terpapar. Anda tetap harus menyeimbangkan manfaat matahari untuk kulit kepala dengan efek bahayanya pada kulit.
  • Sering keramas
Cucilah rambut Anda sesering mungkin, setiap hari jika perlu. Umumnya, semakin sering keramas, semakin Anda mudah untuk mengontrol ketombe.
  • Gunakan sampo yang ringan
Anda dapat mengontrol masalah ketombe dengan sampo nonmedis. Ketombe sering disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak, karenanya keramas setiap hari dengan sampo yang ringan dan diencerkan dengan jumlah air yang sama dapat mengendalikan minyak tanpa memperparah kulit kepala Anda.
  • Gunakan sampo antiketombe yang tepat
Jika sampo biasa tidak efektif, beralihlah ke sampo dengan formula antiketombe. Setiap sampo antiketombe diklasifikasikan berdasarkan bahan aktifnya. Jadi, perhatikan benar mana yang cocok dengan tingkat keparahan ketombe Anda.
  • Tutupi
Untuk meningkatkan efektivitas sampo ketombe berbasis obat, gunakan shower cap untuk mandi setelah Anda keramas sekali atau dua kali sepekan. Biarkan selama satu jam, lalu bilas seperti biasa.
  • Pakai pelembap rambut
Meskipun sampo ketombe efektif untuk kulit kepala Anda, efek buruk produk ini dapat sedikit mengeras di rambut Anda. Karena itu, aplikasikan hair conditioner alias pelembap rambut setiap habis keramas untuk menetralkan efek negatifnya.
  • Coba thyme
Ramuan dapur ini memiliki sifat antiseptik ringan yang dapat membantu mengurangi ketombe. Buat sampo dengan merebus 4 sdm thyme kering dengan 2 cangkir air selama 10 menit. Saring cairan ini lalu biarkan hingga dingin. Gunakan setengah ramuan untuk dioleskan pada kulit kepala. Pijat lembut, jangan bilas, dan simpan sisanya untuk hari lain.
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun
Meskipun rambut berketombe diakibatkan minyak berlebih pada kulit kepala, pengobatan menggunakan minyak hangat benar-benar dapat membantu melemaskan dan melembutkan sisik ketombe.

Panaskan beberapa tetes minyak zaitun di atas kompor hanya sampai hangat. Basahkan rambut Anda, kemudian oleskan minyak langsung ke kulit kepala dengan kuas atau kapas. Kenakan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, cuci bersih dengan sampo antiketombe.
Latest
Next Post

0 komentar: