Tips Lolos Test Interview

Sebuah perusahaan selalu menginginkan karyawan dengan loyalitas yang tinggi dan dapat berkomitmen dalam jangka waktu yang panjang, untuk itu jika anda merupakan seeorang yang mempunyai kebiasaan berpindah-pindah tempat kerja, sebaiknya perhatikan informasi yang bersumber dari female.kompas.com berikut ini, sebelum melakukan Test Interview:

Awali dengan alasan yang meyakinkan

Beberapa alasan berikut ini akan diterima dengan baik oleh pewawancara, dan membuat mereka merasa bahwa Anda memang tidak punya pilihan lain, selain berpindah kerja dalam waktu singkat.
  1. Mengurus anak atau anggota keluarga yang sedang sakit
  2. Mengikuti pasangan yang ditugaskan keluar negeri
  3. Pekerjaan yang ditawarkan bukanlah pekerjaan tetap
  4. Ingin mencoba beberapa bidang hingga mengetahui bidang mana yang cocok
  5. Ingin mendapatkan tingkat kepuasan yang lebih
  6. Ingin mendapatkan tanggung-jawab yang lebih

Hindari menjadikan uang sebagai alasan

Jika Anda menyiratkan bahwa uang adalah hal yang memicu pindah-pindah kerja, ini akan mendatangkan tanda tanya dari pewawancara. Mereka akan berpikir, Anda akan segera pindah ke tempat lain apabila ada tawaran gaji yang lebih tinggi sedikit. Asumsi lainnya, Anda juga bukan tipe orang yang loyal terhadap perusahaan.

Hubungkan keputusan berpindah kerja dengan target karier

Jelaskan bahwa Anda memilih untuk pindah kerja demi mendapatkan posisi yang lebih tinggi, dengan tanggung jawab yang lebih besar. Tambahkan juga bahwa dengan keputusan ini, Anda telah berhasil mendapatkan pengalaman lebih banyak dan juga kemampuan yang lebih baik. Dengan begitu, pewawancara akan menyimpulkan bahwa berpindah-pindah kerja adalah cara Anda mendapat kemajuan dalam berkarier, bukan karena bosan atau tidak mampu berkomitmen.

Jelaskan visi Anda di perusahaan

Setelah memaparkan alasan Anda sering pindah kerja, tambahkan juga dengan menjelaskan apa yang Anda ingin lakukan di perusahaan itu. Kemukakan dengan logis mengapa kali ini Anda akan menetap lebih lama di perusahaan. Misalnya, karena pasangan sudah kembali ditugaskan di tanah air, sehingga Anda bisa kembali bekerja. Atau, karena Anda melihat adanya potensi berkembang yang sangat besar dan dalam jangka panjang di perusahaan tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar: